7 Tips Diet Sukses Bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

7 Tips Diet Sukses Bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

Tips diet sukses – Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan bagi setiap pasangan  yang sudah mengharapkan keturunan. Namun, terkadang kebahagiaan pada masa kehamilan ini terganggu dengan hadirnya beberapa jenis penyakit yang dapat membahayakan kesehatan ibu maupun janin, salah satunya adalah penyakit diabetes. Diabetes dapat dialami ibu hamil karena sudah diderita ibu sebelum hamil ataupun baru muncul pada proses kehamilan yang biasa disebut dengan diabetes gestational.
Diabetes pada masa kehamilan tentu memiliki risiko tinggi dapat mengganggu kesehatan ibu maupun janin. Bagi ibu, kadar gula tinggi dalam darah dapat mengakibatkan timbulnya hipertensi, pre-eklampsia, infeksi kandung kemih, dan keluhan lainnya. Sedangkan, risiko diabetes yang dapat dialami oleh janin dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat berlebih, sakit kuning, kadar mineral rendah dalam darah, dan sebagainya.
 Mengingat banyaknya bahaya yang ditimbulkan dari penyakit diabetes pada masa kehamilan tersebut, diperlukan upaya untuk menurunkan kadar gula dalam darah pada diri ibu hamil, salah satunya melalui upaya diet. Di bawah ini beberapa tips diet sukses bagi ibu hamilpenderita diabetes yang perlu Anda perhatikan.

1. Batasi asupan kalori
Tips diet sukses yang harus ditaati oleh ibu hamil adalah menyantap makanan berkalori dengan takaran yang tepat, tidak berlebih. Kebutuhan kalori ibu hamil rata-rata sebanyak 2.200-2.400 kalori per hari. Jumlah kalori tersebut cukup untuk mendukung perkembangan janin secara maksimal. Jika Anda kalori Anda berlebih malah justru akan mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.

2. Batasi asupan karbohidrat

7 Tips Diet Sukses Bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

Selain membatasi asupan kalori, tips diet sukses lainnya adalah Anda juga wajib membatasi mengonsumsi karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat bagi ibu hamil per harinya adalah 200 gram yang dibagi untuk tiga kali waktu makan dan dua kali menyantap camilan yang tidak digoreng. Perlu Anda sadari bahwa sebaiknya Anda membatasi mengonsumsi sumber karbohidrat, seperti nasi, singkong, kentang, dan makanan yang terbuat dari tepung, misal mi, roti, kue, dan sebagainya. Dan, Anda bisa menggantikan karbohidrat tersebut dengan gandum utuh atau oatmeal yang terbukti lebih sehat.

3.Tingkatkan asupan serat
Tips diet sehat bagi ibu hamil penderita diabetes adalah dengan meningkatkan asupan serat. Kebutuhan serat ini dapat Anda penuhi dengan rajin mengonsumsi buah-buahan, sayiran, dan gandum utuh. Serat tinggi dalam beberapa makanan sehat tersebut akan lebih lama dicerna dan dilepaskan pada aliran darah lebih lambat sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat yang Anda konsumsi tersebut bermanfaat juga untuk mencegah konstipasi atau smebelit yang kerap dialami oleh ibu hamil.

4.Batasi konsumsi makanan manis
Tips diet sukses selanjutnya adalah dengan membatasi mengonsumsi makanan manis, seperti kue, sirup, permen, dan sebagainya. Anda bisa menggantikan gula yang Anda konsumsi dengan gula jagung yang lebih sehat. Diharapkan Anda mengurangi mengonsumsi gula dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat, seperti minum teh atau jus buah tanpa gula.

5.Makan sesuai jadwal
Makanlah sesuai jadwal yang sudah ditentukan merupakan salah satu tips diet sukses. Ada baiknya Anda makan dengan porsi sedikit namun sering daripada Anda makan besar dalam satu waktu yang akan membuat gula darah Anda stabil. Anda juga dilarang melewatkan jadwal makan untuk menghindari kebiasaan “balas dendam” makan langsung dengan porsi besar. Jika Anda menahan lapar, Anda pun berisiko mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah turun drastis yang juga berbahaya bagi Anda dan janin.

6.Rajin berolahraga

   7 Tips Diet Sukses Bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

Tips diet sukses berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dalam masa kehamilan, sebaiknya Anda memilih beberapa jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, ataupun senam. Lakukan olahraga setiap hari sekitar 15- 30 menit saja. Olahraga ini bermanfaat menjaga kadar gula darah agar tetap normal, membakar lemak dan berat badan agar tidak meningkat drastis.

Demikian beberapa tips diet sukses bagi ibu hamil penderita diabetes yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua tips di atas, namun penyakti diabetes Anda masih saja mempeerberat proses kehamilan Anda maka Anda harus segera menjalani perawatan dengan dokter kandungan secara intensif dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang aman bagi ibu hamil dan janinnya. Dengan mengonsumsi kapsul ini maka penyakit diabetes yang Anda derita dalam masa kehamilan dapat segera diatasi secara alami, efektif, dan halal sehingga Anda dan janin senantiasa sehat dan bahagia.

Tidak ada komentar: